5 Alasan Metode Otentikasi Tradisional Perlu Diganti

Metode otentikasi online tradisional rusak. Kenyamanan adalah pengamanan cybersecurity dan risiko bagi bisnis dan pelanggan Anda. Inilah mengapa Anda perlu mempertimbangkan metode login yang lebih aman.

Semakin banyak situs web yang memenuhi World Wide Web dan meminta pengguna untuk membuat akun dan masuk untuk menggunakan layanan mereka.

Anda bahkan mungkin memiliki situs web sendiri yang hanya membutuhkan itu!

Dengan meminta pengguna untuk masuk, Anda akan dapat melacak penggunaannya secara lebih efektif, yang memungkinkan Anda untuk menyusun strategi pemasaran ulang yang lebih akurat yang relevan dan tepat sasaran untuk mereka.

Proses pendaftaran harus sederhana, melibatkan pengumpulan informasi dasar seperti email, nama, nomor telepon, dan alamat mereka. Pengguna kemudian akan diminta untuk membuat kata sandi yang mematuhi kebijakan kata sandi situs web, diikuti oleh otentikasi akun mereka untuk mencegah bot melakukan spam pada sistem. Setelah itu, saatnya bagi mereka untuk masuk untuk pertama kalinya dan mengakses layanan Anda.

Bergantung pada situs web Anda, Anda mungkin memerlukan salah satu metode otentikasi tradisional berikut untuk login yang sukses:

Otentikasi berbasis kata sandi

Ini adalah metode paling dasar dan nyaman bagi pengguna untuk login. Mereka hanya perlu memberikan kata sandi yang mereka buat ketika mereka membuat akun untuk mendapatkan akses ke informasi mereka. Kerahasiaan kata sandi adalah satu-satunya hal yang melindungi data dari akses tidak sah.

Untuk mengurangi risiko penipuan, banyak bisnis sekarang memiliki kebijakan kata sandi. Pengguna diharuskan untuk memilih kata sandi yang memiliki panjang karakter, huruf dan angka tertentu, huruf besar dan kecil, karakter khusus, dan tidak ada kata dari kamus. Semakin lama dan semakin rumit kata sandi, semakin aman akun itu.

Otentikasi berbasis pengetahuan (KBA)

Jenis otentikasi ini datang dalam dua bentuk, statis dan dinamis. KBA statis adalah pertanyaan keamanan tipikal Anda seperti, “Apa nama gadis ibumu?” Pengguna cenderung memilih pertanyaan dengan jawaban rahasia untuk melindungi akun mereka dari akses yang tidak sah.

KBA dinamis adalah tingkat otentikasi yang lebih tinggi yang belum dijawab oleh pengguna. Pertanyaan-pertanyaan dihasilkan berdasarkan data yang terkompilasi dan bisa berupa, “Berapa jumlah total pembelian kartu kredit terbaru Anda?”

Otentikasi keluar-band

Ini adalah jenis otentikasi dua faktor (2FA) yang mengharuskan pengguna untuk memberikan set kedua kredensial identifikasi selain nama pengguna dan kata sandi mereka. Ini biasanya datang dalam bentuk kode akses yang dikirim ke akun terkait email atau nomor telepon. Beberapa bisnis memilih untuk menggunakan sistem token yang menggunakan perangkat fisik yang dibuat khusus untuk tujuan ini, dan pengguna diberi “token” yang menghasilkan kode akses bagi pengguna untuk menyelesaikan 2FA (jangan bingung dengan Otentikasi Berbasis Token) . Karena kode ini hanya dapat diakses melalui saluran atau perangkat komunikasi terpisah, yang hanya dapat diakses oleh pengguna, peretas jauh lebih sulit untuk masuk ke akun – mereka harus memiliki akses ke email, telepon, atau perangkat token pengguna. demikian juga.

Otentikasi berbasis Token

Jenis otentikasi ini memberi pengguna “token” setelah pengguna masuk pada klien (browser atau perangkat seluler). Kredensial mereka dikirim ke Server Otorisasi yang memverifikasi mereka dan menghasilkan Token Akses yang berisi kredensial ini dan waktu kedaluwarsa token. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses sumber daya terbatas dari Server Sumber Daya untuk periode waktu tertentu, daripada harus masuk setiap kali.

Jika bisnis Anda adalah lembaga keuangan, kerangka kerja Anda juga harus mematuhi berbagai peraturan Anti Pencucian Uang (AML) dan persyaratan Know Your Customer (KYC). Ini melindungi pelanggan Anda dari pencurian identitas, penipuan, pencucian uang, dan pendanaan teroris.

Mengapa metode ini perlu diganti?

Internet terus berkembang dan metode otentikasi tradisional ini tidak memberikan keamanan seperti dulu. Meskipun metode otentikasi yang disebutkan di atas telah berfungsi dengan baik untuk melindungi pengguna dari penipuan, berikut adalah beberapa kelemahan yang menembus jaring keamanan ini:

Kenyamanan lebih dari kompleksitas

Otentikasi berbasis kata sandi hanya seefektif kompleksitas kata sandi. Kata sandi yang paling aman adalah kombinasi huruf, angka, dan simbol yang tidak jelas, dan berbeda untuk setiap akun yang dimiliki pengguna. Namun, kebanyakan orang lebih memilih kenyamanan mengingat kata sandi tunggal daripada membuat kata sandi yang benar-benar unik dan kompleks yang sulit ditebak. Akibatnya, sangat mudah untuk mendapatkan akses ke beberapa akun begitu seorang peretas mendapatkan satu kata sandi – terutama ketika tidak perlu untuk verifikasi identitas lebih lanjut.

Keamanan tergantung pada kerahasiaan

Hasil dari Survei Berbagi LastPass mengungkapkan bahwa 95% orang berbagi hingga enam kata sandi dengan orang lain, meskipun mereka tahu risiko yang melekat. Ini meningkatkan kemungkinan kata sandi pengguna masuk ke tangan yang salah, terlepas dari apakah pengguna tahu atau tidak, menjadikan otentikasi berbasis kata sandi tidak berguna. Prinsip yang sama berlaku untuk KBA (statis lebih rentan) – jika pengguna membagikan jawaban keamanan mereka, atau jika jawaban keamanan mereka adalah fakta yang diketahui, akses ke akun tersebut akan sangat mudah.

Jika ada kemauan, pasti ada jalan

Sementara 2FA out-of-band adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keamanan akun pengguna, itu bukan bukti. Peretas dapat mencoba mengubah email atau nomor telepon yang terkait dengan akun untuk menerima kode akses. Sayangnya, apakah mereka berhasil atau tidak sepenuhnya tergantung pada seberapa ketat perwakilan layanan pelanggan mematuhi protokol verifikasi identitas. Masalah lainnya adalah orang-orang login secara permanen di ponsel mereka untuk kenyamanan. Jika mereka kehilangan ponsel, siapa pun yang mengambilnya akan memiliki akses ke semua akun mereka. Bahkan bagi mereka yang logout, mereka dapat dengan mudah mendapatkan kode akses yang dikirim langsung kepada mereka untuk menyelesaikan 2FA.

Dapat dengan mudah dikompromikan

Otentikasi berbasis Token menambah lapisan keamanan karena bergantung pada pengguna yang memiliki token yang dihasilkan dengan algoritma crypto rahasia (juga dikenal sebagai kunci) untuk mengakses sumber daya terbatas. Namun, dalam banyak kasus, hanya satu kunci yang digunakan untuk menghasilkan token ini, artinya jika dibocorkan ke peretas, ia akan dengan mudah memiliki akses ke seluruh basis data sumber daya.

Kelebihan informasi

Apa pun metode autentikasi yang Anda gunakan, ini adalah pedang bermata dua. Lonjakan pengguna yang tiba-tiba sangat bagus untuk bisnis, karena itu berarti perusahaan sedang tumbuh. Namun, seiring bertambahnya basis pengguna, juga menjadi sulit untuk mengelola kredensial setiap orang dan mendeteksi pelanggaran keamanan saat terjadi. Dengan kata lain, basis data Anda menjadi liabilitas. Membutuhkan ruang server yang mahal dan rumit serta menyewa seorang ahli untuk menanganinya.

Metode otentikasi alternatif: IDaaS

Untuk menjaga keamanan Anda secara normal dan melindungi pengguna Anda dari penipuan identitas, Anda harus mencoba menggunakan identitas sebagai layanan (IDaaS). Ini adalah infrastruktur otentikasi berbasis cloud yang dihosting oleh penyedia layanan pihak ketiga yang juga mengelola semua kredensial pengguna. Dengan IDaaS, perusahaan dapat dengan cepat mendaftar dan mengautentikasi pengguna baru dan memberi mereka kemampuan masuk tunggal. Ini berarti bahwa jika perusahaan Anda menawarkan beberapa layanan, pengguna Anda hanya akan memerlukan satu akun untuk mendapatkan akses ke semuanya – menghilangkan kebutuhan untuk mengingat banyak kata sandi.

Perusahaan yang memilih untuk menggunakan IDaaS sangat diuntungkan dengan cara-cara berikut:

Masuk tunggal nyaman bagi pengguna

Otentikasi multi-faktor dan biometrik meningkatkan keamanan untuk mencegah penipuan identitas

Penghematan dari biaya implementasi minimal

Sistem manajemen kredensial yang efisien dapat menangani sejumlah besar akun

Sama seperti internet, IDaaS juga terus berkembang untuk memenuhi tuntutan keamanan yang diperlukan untuk menjaga keamanan informasi pengguna. Beralih ke penyedia IDaaS akan membantu perusahaan Anda membuktikan masa depan solusi keamanannya. Perusahaan Anda juga akan dipandang lebih dapat dipercaya karena Anda telah secara aktif mengambil langkah-langkah untuk melindungi pelanggan Anda dari potensi bahaya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>